Coaching Highlight

Am I a good coach? * I listen then ask questions * My questioning techniques have the intent of understanding and supporting, rather than...

 

Daily Avocado Latest

(The Daily Avocado)The Daily Avocado is an interactive website magazine containing articles that I've written for various publications as we...

 

Life Tips

Sisi Positif PHKoleh Dion Juanda Gibran Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat ini sepertinya menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian o...

 

Spotlight

Lost in Bhutan (For the rest of the article read my blog: 'Lost in Bhutan' on http://desianwar.blogspot.com/)From time to time I get the ur...

Life Tips

tipsSisi Positif PHK

oleh Dion Juanda Gibran


Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat ini sepertinya menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang yang tergantung kepada pekerjaannya. PHK juga berakibat bukan semata-mata masalah ekonomi, tapi yang lebih mendasar lagi adalah masalah harga diri, masalah mental, stress, depresi, menurunnya daya pikir, yang mana semua hal itu akan berdampak kepada memburuknya sikap tindakan yang terkadang sangatlah mengerikan.

Misalkan sebagaimana diberitakan oleh Metro TV pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2009, ketika seorang pekerja di Amerika mendapat PHK, dia mengalami tekanan mental dan dia menembak mati 7 orang. Ini adalah contoh kongkrit efek terburuk yang dapat terjadi dari sebuah pemutusan hubungan kerja.

Bagaimana sebaiknya menyikapi PHK ?

  • Pertama, narimo ing pandum - menerima sebagaimana adanya - kondisi PHK tersebut.
  • Kedua, merubah sudut pandang untuk melihat sisi positif dari PHK.
  • Ketiga, menggali potensi sisi positif PHK dan melakukannya dalam tindakan untuk mengembangkan kearah yang lebih menguntungkan dan bermanfaat.

Narimo ing pandum - menerima sebagaimana adanya, bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa mencapai kondisi narimo ing pandum secara utuh fisik-mental-spiritual, pikiran dan perasaan, maka dibutuhkan 'pengosongan' untuk mencapai keseimbangan.

Saat terjadi PHK, fisik-mental-spiritual, pikiran dan perasaan menjadi kacau-balau dan untuk itu perlu dikondisikan kembali agar menjadi seimbang.

Pengosongan untuk mencapai keseimbangan dapat dilakukan dengan melakukan MEDITASI KOSONG, yaitu memperhatikan dan merasakan napas sendiri dan konsisten dalam keadaan tersebut (selama lima menit saja sudah cukup).

Untuk mendapatkan hasil terbaik daripada Meditasi Kosong, maka dibutuhkan sikap tindakan mental positif yang saya sebut dengan PAKEM KEHIDUPAN.

PAKEM KEHIDUPAN adalah Respek, respek kepada diri sendiri dan kepada apa yang mau dilakukan ; Totalitas, tindakan penghayatan sepenuh hati - segalanya dilakukan dengan sungguh-sungguh ; Keyakinan dalam Kepasrahan, yakin dalam proses upaya tindakan dan pasrah untuk hasil akhirnya.

Apapun yang anda lakukan dengan mengekspresikan PAKEM KEHIDUPAN dalam tindakan, maka hasilnya menjadi maksimum dengan kualitas hasil terbaik.

Nah, sampai pada titik ini sudah tercapailah kondisi narimo ing pandum, menerima sebagaimana adanya. Secara sikap tindakan mental positif, keseimbangan fisik-mental-spiritual, pikiran dan perasaan telah terbentuk.

Dengan terbentuknya keseimbangan fisik-mental-spiritual, pikiran dan perasaan, maka merubah sudut pandang negatif menjadi positif akan lebih mudah dilakukan.

Perubahan sudut pandang menjadi positif akan membawa atmosfer ketentraman diri sehingga pandangan pikiran dan kesadaran nalar mengarahkan kepada sikap pencarian potensi dari situasi dan kondisi yang ada untuk terarah kepada apapun yang lebih menguntungkan dan bermanfaat.

(For more please read Life Tips section under Coaching.)

 

WRITINGS

NEWS

COACHING