Home : COACHING Life Tips Awet Muda Bertambah Usia

 

Coaching Highlight

Am I a good coach? * I listen then ask questions * My questioning techniques have the intent of understanding and supporting, rather than...

 

Daily Avocado Latest

(The Daily Avocado)The Daily Avocado is an interactive website magazine containing articles that I've written for various publications as we...

 

Life Tips

Sisi Positif PHKoleh Dion Juanda Gibran Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saat ini sepertinya menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian o...

 

Spotlight

Lost in Bhutan (For the rest of the article read my blog: 'Lost in Bhutan' on http://desianwar.blogspot.com/)From time to time I get the ur...

Awet Muda Bertambah Usia

(Tips for Life is a talk show on Metro TV hosted by Desi Anwar, every Wednesday at 10.30 am)

by Dion Juanda Gibran

Adalah hal yang alami saat usia bertambah dari waktu ke waktu, namun sering kali orang merasa cemas saat menjadi tua, kepercayaan diri yang menurun, problem kesehatan, bermasalah dengan penampilan diri, tubuh yang berkeriput, bentuk badan yang tidak lagi sedap dipandang, dan sederet daftar lainnya yang bisa bertambah panjang dan berlembar-lembar kertas untuk menuliskannya.

Jangan melawan arus dan mengalir laksana air adalah kearifan alami yang menjadi dasar saat memikirkan dan menjalani proses bertambahnya usia.



Mencermati, mengolah, memahami, menerima, menjalani, menikmati, bersyukur adalah JALAN KEHIDUPAN yang akan menjadikan segalanya ketentraman. Dengan melakukan ketujuh hal JALAN KEHIDUPAN tersebut secara berkesinambungan didalam sikap respek - kepada diri sendiri dan kepada apa yang mau dilakukan - maka proses bertambahnya usia dapat menjadi hal yang menyenangkan dan membahagiakan.

Memperluas wawasan dan pengetahuan dan mengaplikasikan nilai-nilai terbaik dalam proses bertambahnya usia akan membuat kita lebih menghargai makna hidup sesungguhnya.

Menjadi bernilai, berdayaguna dan bermanfaat adalah kata-kata yang bisa menjadi pedoman dan penuntun arah tindakan dalam menjalani kehidupan, dalam proses bertambahnya usia.

Mendisiplinkan, membiasakan dan menjadi kesadaran tindakan - hal-hal yang bernilai, berdayaguna dan bermanfaat dalam proses bertambahnya usia akan memunculkan kearifan tindakan disetiap perjalanan waktu kehidupan.

Kearifan tindakan bukan saja menjadi kekayaan hidup sesungguhnya yang akan dinikmati diri sendiri dalam proses bertambahnya usia, namun lebih dari itu - keluarga, teman-teman, relasi, dan lingkungan juga akan menerimanya bagaikan mata air dipadang pasir, sesuatu yang dirindukan dan menjadi dahaga bagi siapapun yang menjalani proses kehidupan dengan bertambahnya usia.

Contoh kasus

Apa sih rahasianya koq selalu terlihat muda dan cool ? Begitulah pertanyaan yang selalu disampaikan kepada Kartini Basuki, nenek dari 5 (lima) cucu kelahiran 60 tahun yang lalu di Ijseltein (Utrecht), Holland, dalam pertemuan dengan siapapun dan kapanpun.

Ibu yang mempunyai 3 (tiga) anak - kelahiran 30 Desember 1948 dan menikah tahun 1970 dengan Wiwoho Basuki Tjokronegoro ini dikenal sebagai pelukis dan art creator. Selain melukis, mendesain dan membuat tas malam, juga aktif di kegiatan sosial dan menjadi Ketua Umum Yayasan ENERGI Prana Kasih.

Selain itu menjadi anggota Mitra Wayang Orang Indonesia, yang bertujuan melestarikan kesenian dan budaya. Serta adakalanya bersama-sama para anggota lainnya ikut pentas & menari untuk mengumpulkan dana sosial guna membantu keberadaan para pemain wayang orang Barata.

Kijang dari Riau adalah julukan yang sangat populer di era enam puluhan, julukan diberikan kepada Kartini yang berlaga diarena atletik sebagai sprinter dan sempat bertanding di Asian Games di Bangkok.

Olahraga sudah menjadi bagian dari hidupnya, dan saat ini bersama teman-teman aktif di Batavia Bicycle Club, komunitas yang ikut mempopulerkan olahraga sepeda ramah lingkungan.

Meditasi yang ditekuni 8 (delapan) tahun lebih telah menjadi napas kehidupannya, dan bersama Dion Juanda Gibran, pembina Komunitas Pemberdayaan Diri Meditatif ENERGI Prana Kasih, berbagi dikelas pembelajaran untuk umum seminggu sekali di Kemang, Jakarta Selatan.

Apa sih rahasianya ?

Sikap hidup meditatif dari seorang Kartini Basuki yang telah dijalani selama 8 (delapan) tahun lebih adalah kunci untuk membuka pintu gerbang awet muda saat bertambahnya usia.

Kartini Basuki telah mengaplikasikan teknik meditasi yang menjadi kondisi utama dalam mengolah pernapasan dengan benar, yakni teknik pernapasan perut yang menjadi pernapasan standar metode ENERGI Prana Kasih.

Teknik PERNAPASAN STANDAR adalah sebagai berikut:
• Bernapas dengan posisi mulut rapat, lidah menempel dilangit-langit.
• Arus keluar masuk udara melalui hidung.
• Pada saat menarik napas perut dimekarkan.
• Pada saat mennghembuskan napas perut dikempiskan.
• Lakukanlah serileks mungkin tanpa ada tekanan atau penahanan napas, biarkan alami pernapasannya.
• Keteraturan dan keseimbangan keluar masuknya napas adalah hal terpenting.

Merubah pola pernapasan dari napas dada menjadi napas perut, membutuhkan disiplin dalam mengontrol untuk menjadikannya sebagai pernapasan sehari-hari. Bagi yang merubah pola pernapasan, pada umumnya setelah mendisiplinkan selama 3 (tiga) hari akan menjadi terbiasa dan dapat menjadi pola pernapasan harian disepanjang perjalanan waktu.

Bernapas dengan perut lebih memaksimalkan oksigen yang dihirup saat bernapas, karena rongga dada (diafragma) terbuka lebih maksimum dibandingkan bernapas dengan dada. Semakin banyak oksigen terlarut maka semakin lancarlah peredaran darah didalam tubuh dan secara otomatis meningkatkan kesehatan.

Melakukan dengan rutin MEDITASI KOSONG sebelum tidur dapat memberikan manfaat yang multiguna, terutama untuk kesehatan fisik & mental. Pada saat melakukan MEDITASI KOSONG sebelum tidur, terjadi pengosongan sampah pikiran dan sampah perasaan.

Dengan hanya memperhatikan dan merasakan napas sendiri dan konsisten dalam keadaan tersebut selama lima menit saja kita sudah melakukan MEDITASI KOSONG

Tidur dengan kondisi kosong yang seimbang akan menghasilkan kualitas tidur terbaik. Banyak terjadi waktu tidur cukup panjang tetapi kualitas tidurnya sangat jelek, sehingga ketika bangun tidur fisik masih terasa lelah. Tidur dengan kualitas tidur terbaik, tidur dalam keseimbangan pikiran – perasaan, tidur dalam keadaan kosong yang seimbang, akan membuat ‘body system’ bekerja lebih optimum untuk perbaikan sel, jaringan, hormon, peredaran darah, organ tubuh, otak, tulang, kulit dan sebagainya.

Makan untuk hidup dan bukannya hidup untuk makan adalah aplikasi tindakan yang dilakukan oleh Kartini Basuki secara konsisten dan dengan respek - kepada diri sendiri dan kepada apa yang mau dilakukan - dengan menerapkan pola makan yang seimbang dan hidup sehat diantaranya tidak merokok, tidak minum alkohol, tidak minum kopi, banyak makan sayuran dan buah-buahan, berhenti makan sebelum kenyang, makan teratur, banyak minum air putih.

Senantiasa bersyukur di segala hal menjadi sikap hidup Kartini Basuki didalam menghadapi berbagai keadaan. Semangat pembelajaran senantiasa hadir dan menjadi spirit yang menggerakkan sudut pandang, pola pikir, sikap tindakan - kearah yang senantiasa meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dan lebih baik lagi. Ketika kebahagiaan hadir senantiasa bersyukur untuk nikmat kehidupan dan ketika kegetiran hadir juga bersyukur untuk pembelajaran karena pada hakekatnya didalam semangat pembelajaran kita akan menemukan lebih banyak asas manfaat ketika kegetiran didalam hidup dipahami, diterima, dan dijalani untuk menuju keseimbangan pikiran dan perasaan, fisik-mental-spiritual yang tidak saja mententramkan namun juga membawa asas manfaat kesehatan.

Bila perangkat tubuh dalam 'body system' anda dapat bekerja secara baik dan lancar, menerapkan pola makan yang seimbang dan hidup sehat, melakukan secara rutin MEDITASI KOSONG sebelum tidur, senantiasa bersyukur di segala hal, akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dengan laju percepatan yang mengagumkan. Kulit tubuh akan terus menerus mengalami proses peremajaan dan selanjutnya akan terlihat lebih muda tanpa banyak keriput, serta memancarkan aura tubuh yang positif dan mententramkan.

Comments (41)

Subscribe to this comment's feed

Show/hide comments

Write comment


busy
 

WRITINGS

NEWS

COACHING